Rabu, 01 Juli 2009

Benarkah Kursi Depan Favorit?

Mumpung lagi hangat di milis tentang bahasan posisi duduk paling favorit di dalam bis, yang hasil sementara menunjukkan elektabilitas kursi depan mayoritas dipilih, saya pernah punya pengalaman kontraproduktif dengan kesimpulan para khalayak bismania.


 


Ini cerita yang tertinggal dari perjalanan saya ke Adi Putro, Malang, saat naik Pahala Kencana HT 519 Tanjung Priok-Bangkalan.


 


Waktu menunjukkan pukul 12.15, sementara jam keberangkatan bis berkaroseri Panorama DX ini --sesuai yang tertera di tiket-- pada jam 12.00. Bis Pahala Kencana Travego make over by Centralindo di belakangnya sudah masuk terminal. Agen segera memerintahkan sopir dan kenek untuk bersiap berangkat, meminta menggeser posisi parkir bis hingga ke ujung exit terminal Tanjung Priok, sambil dia sendiri duduk di kursi kenek, merekap hasil pendapatan dari penjualan tiket serta mengisi formulir Daftar Penumpang (DP) yang nantinya akan dibawa kru.


 


“Isi berapa?” tanya sopir kepada Mbak agen


“Minus satu” jelasnya. (Maksudnya hanya satu yang tidak terisi)


 


Saat bis bergerak perlahan, ada calon penumpang berlari-lari mengejar bis. Bis pun berhenti.


 


“Mbak, masih ada tempat?” tanyanya.


“Masih Mas”, jawab agen lewat jendela, seraya kenek membukakan pintu.


 


Mbak agen segera menyiapkan tiket.


 


“Kemana, Cak?”


“Bangkalan”


 


Kemudian menuliskan nama penumpang, tujuan, nomor bis dan seterusnya seterusnya, sebagaimana tugas seorang agen tiket.


 


“Ini Cak, duduk-e sampeyan di depan,” kata agen menutup transaksi.


 


Saya yang menempati jok 1B, segera melirik kursi kosong di seberang lorong, sejajar yang saya dudukki, ternyata itu kursi terakhir yang laku jual.


 


Saya hanya tersenyum kecut dalam hati. Saat rombongan Bismania Community (BMC)  turing bareng, jatah kursi depan selalu jadi rebutan sehingga perlu diambil jalan mediasi dengan mengundi, bahkan ada wacana dilelang segala, justru kursi 1C (no.3) ini malah disiriki (dijauhi) penumpang.


 


He he he…

1 komentar:

  1. kalo saya fave - nya di baris 3/4 belakang sopir..
    soale kalo di belakang sopir pas agak ngeri je..

    BalasHapus