Rabu, 01 Juli 2009

BMC Jelajah Bumi Rembang (2); Geliat PO-PO Kota Garam

Mutiara dari Timur itu Bernama “Subur Jaya”


 


“Selamat siang, tamu dari mana ini?”, sapa Om Kenang saat kami beramai-ramai memasuki kantor PO Subur Jaya yang berlokasi di Jl. Pemuda No. 31A Rembang.


 


Sebagai tamu, kami pun mengenalkan diri beserta komunitas BMC dan menjelaskan maksud serta tujuan kunjungan ke PO Subur Jaya.


 


Kami sendiri ditemui Om Kenang dan adiknya Om Ari selaku tuan rumah, saat bertandang perdana ke pool. Mereka berdua adalah penggiat otomotif dan penggila modifikasi kendaraan. Sekarang ini, keduanya saling bahu membahu menggawangi pucuk pimpinan secara kolektif PO Subur Jaya. 


 


“Wah, ternyata ada komunitas bismania Indonesia. Dan banyak lagi anggotanya. Hmm…tapi sayang, semua armada kami sedang jalan wisata. Mau tidak, kami ajak melihat armada terbaru kami? Baru tiga hari kami ambil dari karoseri. Hanya inilah yang tersisa, karena sedang menunggu surat-surat resmi dari samsat keluar. Kalau berkenan, mari langsung ke garasi belakang saja!” ajak Om Kenang yang disambut suka cita rombongan BMC. Siapa yang tidak tergiur ditawari penampakkan armada baru.


 


Dan yang membuat kami takjub, sosok Hino RK8 dibalut busana Marcopolo buah karya Adi Putro masih fresh from oven, kinyis-kinyis dan wetlook serta plat nomor masih berlatar warna putih. Sangat-sangat menawan dan memanjakan indra penglihatan.


Armada Subur Jaya



 

“Inilah armada kedelapan kami yang baru Mas. Armada kami sebelumnya campuran, mulai Hino RK8, MB 1525 dan XBC-1518. Dan rencananya, tahun ini kami akan membeli 4 atau 5 unit lagi, karena kami selalu kekurangan bis akibat order yang melimpah untuk wisata,"  jelas Om Kenang. "Namun, tinggal dua pilihan mesin. Untuk XBC-1518, saya menilai lemah power, kurang tenaga dan minim dalam hal kenyamanan. Apalagi ditugaskan untuk wisata yang membawa penumpang bisa sampai 60 orang, Mercy ini kurang bisa diandalkan." 


 


“Untuk urusan karoseri, untuk bis baru kami percayakan kepada Adi Putro dan Morodadi Prima. Adi Putro unggul soal model, finishing dan kerapihan interor, sedang Morodadi menang dalam handling kendaraan saat dikendarai, kekokohan dan life time,” imbuhnya.


 


Kebetulan PO Subur Jaya masih satu kampung dengan penulis. Di tahun 80-an, cikal bakal Subur Jaya diawali dari bisnis angkutan dengan membuka rental kendaraan, dengan armada Mitsubishi jenis station wagon. Usaha awal didirikan oleh Kim Swie, ayah Om Kenang dan Om Ari. Kemudian berkembang dan terus mendiversifikasi usaha hingga angkutan micro bus Rembang-Blora dan medium Bus Sarang-Tayu. Ditopang bisnis lain berupa toko bahan bangunan, warung fotokopi dan alat tulis kantor, dan bisnis jual beli mobil bekas, sekarang bisnis Kiem Swie semakin menggurita di kota garam.  Dan seakan tidak puas dengan raihan bisnis yang telah ada, Subur Jaya mendirikan usaha big bus.


 


PO Subur Jaya baru berdiri pada tahun 2007. Armada terbaru pertamanya adalah MB OH 1525 model Setra Selendang Adi Putro. Tidak hanya menyandarkan unit baru, Om Kenang juga rajin menyambangi leasing yang menangani bis-bis bermasalah dalam pembayaran dan selanjutnya dibeli secara lelang. Harga yang didapat jauh lebih murah daripada membeli dari pemilik PO langsung. Hasilnya, satu persatu armada seken datang untuk memperkuat jajaran “amunisi”nya. Dan yang membuat kami mengacungkan jempol, bis-bis barunya pun di-costumized dengan kemewahan dan kenyaman armada. Tidak ada bis yang asal jalan, semua telah disulap dengan taste yang berbeda dengan bis lain. Dalam rentang dua tahun, sudah 20 bis besar yang digenggam. Belum termasuk armada medium, bis kecil dan sejumlah L300. Tak salah, kalau PO ini disanjung ibarat sang fenomenal.


 


“Kami tidak akan setengah-setengah mengelola PO Mas. Kami bosen otak atik mobil-mobil kecil, mainan kita sekarang kendaraan besar (baca : bis),” tekat Om Ari dengan bangga.


 


Kami pun mengamini semangat beliau, saat dipertontonkan armada barunya. Karoseri berkelas Royal Coach SE, dengan tambahan modifikasi berupa rangka support yang melekat pada chasis agar kendaraan tidak limbung, seperti yang dikeluhkan sopir saat membawa Hino edisi terbaru ini. Dengan corak bodi laksana colourmark telkom fleksi, yang menggugah hasrat dan selera bepergian bersamanya.


 


Saat menjajal piranti audio visual, kami tambah berdecak kagum. Suaranya menggeledar tapi tetap lembut di telinga. Setingan audio begitu pas dengan dimensi kabin dan media peredaman berfungsi secara nyata. Perlengkapan power audio, penambahan kapasitor bank hingga penempatan speaker dihitung secara cermat hingga menghasilkan kualitas suara yang jauh di atas standar, melebihi ekspektasi penumpang itu sendiri. 


Subur-Jaya-Interior


Dan sesuai janji Om Ari, nantinya semua armada terbarunya memiliki spesifikasi minimal seperti armada “Green Fleksi” ini. Untuk yang bermesin Hino, ke depannya semuanya akan dibenamkan piranti balon udara (air suspension) untuk menunjang kenyamanan.


 


Saat kami singgung tentang langkah bisnis ke depan, terutama rencana membuka bis AKAP reguler, Om Kenang menjawab dengan realistis.


 


“Sementara kami concern ke pariwisata Mas. Itupun kami masih keteteran menyediakan armada. Agen-agen wisata mulai dari Semarang, Kudus, Purwodadi, Tuban hingga Solo banyak yang telah menjalin kerjasama dengan kami. Kami sendiri tak pernah membayangkan, dalam jangka waktu dua tahun, nama kami telah dikenal luas. Justru ini semakin melecut kami, untuk selalu memperbaiki pelayanan yang kami berikan,” katanya berapi-api.


 


“Nah, beruntung ada BMC datang ke sini. Open saja, kami telah mengantongi ijin trayek Bangilan-Jakarta dan Cepu-Jakarta. Cuma kami tidak mau gegabah terjun ke bisnis AKAP. Kami sadari, bis wisata juga ada musim sepinya, demikian juga bis reguler. Kami ingin memadukan dua usaha ini, saling bergantian untuk mengisi. Kami masih perlu waktu. Kami balik menodong BMC, apa masukan, gagasan dan saran buat PO Subur Jaya dalam persiapan merambah pasar bis malam? Kami paham soal teknis kendaraan tapi kami buta dengan kondisi di lapangan!” tantangnya saat mengakhiri kunjungan kami. 


Subur-Jaya-Foto Bersama


Berikut ringkasan testimoni beberapa member BMC sesaat setelah kunjungan ke PO Subur Jaya.


 


Mas Hary : Ini bukan sekedar PO, ini sebuah kesempurnaan


Mas Indra : Kalau nanti nge-line, bisa membuat ketar ketir PO lain dan pasar penumpang bakal terkoreksi


Mas Ferry :  Ck…ck…ck…pesona bis-bis Plat K tak pernah ada habisnya.


 


Akankah mutiara terpendam dari timur ini akan menggeliat muncul ke permukaan?


 


Akhir Penjelajahan


Menjelang waktu ashar, rangkaian acara BMC Jelajah Bumi Rembang pun berakhir. Setelah setengah hari bertemu, kami pun berpisah, kembali dengan kepentingan dan keperluan masing-masing.


 


Konklusi yang kami dapat, hasil didikan alam Rembang yang keras dan panas, melahirkan sosok pengusaha bis yang handal, mumpuni dan tahan banting, seperti yang ditunjukkan Bapak Paryono, Om Kenang dan Om Ari.


 


Semoga kembali berjaya PO-PO Plat K xxxx D, berprestasilah selayaknya kejayaan yang pernah dicapai PO Artha Jaya puluhan tahun silam!   


 


 


Rembang, 14th  June, 2009 


Unforgettable moment with BMC.


 

25 komentar:

  1. subur jaya kurang bagus harusnya mesinnya scania ok

    BalasHapus
  2. KOKPIT BUSNYA GIMANA YA....? SOALNYA AKU SUKA SAMA BUS, TERLEBIH DENGAN KOKPITNYA. KARENA AKU SUKA BAWA SENDIRI. ADA NGGAK KELEBIHANNYA DARI KOKPIT BUS BUS LAINNYA ... TQ.

    BalasHapus
  3. soal kokpit, silahkan cek di multiply saya Mas. monggo klik tautan ini mas...
    http://cintanismara.multiply.com/photos/album/48/Marcopolo_Subur_Jaya

    salam kenal...

    BalasHapus
  4. muhammad harris bouqie24 Januari 2010 pukul 10.31

    mas... tau no telepon subur jaya ngk??

    0852 4717 5484

    BalasHapus
  5. mas harris, no telepon Subur Jaya di 0295 692877 atau 0295 5512200...

    BalasHapus
  6. Mas tanya untuk bulan juni tanggal 26-27 Juni 2010 apa masih ada yang kosong, kemarin aku tanya sudah tidak ada bus yang nganggur. apa itu benar?

    BalasHapus
  7. Mas Roihan,

    PO wisata mana saja yang sudah di-survey? Posisi Mas Roihan di mana?

    Mestinya masih bisa booking untuk bulan Juni, toh waktunya masih lama.

    BalasHapus
  8. Kemarin saya tanya di Po Juwana (Biro Perjalanan Wisuda Putra Tour/Dudik Yuriadi, SE.), posisi saya di Ds Kembang tepatnya di Sekolah MA Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati, yang kemarin Bulan Agustus sebelum Puasa saya juga pakai bus subur jaya untuk tour Dewan Guru di Jatim Park. Pripun mas masih ada yang kosong untuk tanggal 26-27 Juni 2010?

    BalasHapus
  9. aku sungguh kecewa dgn SUBUR JAYA karena mesinnya tua2,,busnya gag enak buat prjlanan pariwisata...
    bodinya doang yg bagus...

    BalasHapus
  10. mas roihan jika pengen jalan2 ke mana aja bisa aja call saya di 085226023453 ...saya supervisor dari NAURA TOURS MANAGEMENT yang beralamat di jl. kamadowo no. 5 pati....telp kantor 0295 5514045....subur jaya pemasaran pati dan sekitarnya kami yang handle...tq

    BalasHapus
  11. Silahkan komplain langsung ke kantor Subur Jaya, Mas.
    Sepengatahuan saya, armada baru Subur Jaya lebih banyak dibanding bus lamanya.

    Bahkan, sekarang bus-bus wisata Subur Jaya laris manis disewa. Bukan dari kawasan Rembang saja, bahkan sudah banyak biro wisata di luar Rembang yang menjalin kerjasama dengan Subur Jaya.

    BalasHapus
  12. bos tuk arus balik tgl 14/09/2010 msih ada gak....???

    BalasHapus
  13. Mas Wawan dari mana ke mana? Rencana mau naik bus apa?
    Saya bukan orang PO, tapi saya bisa sedikit membantu dan kasih informasi.

    BalasHapus
  14. apa betul subur jaya mau buka poll di surabaya ? sya pengemudi yg berpengalaman dlm wisata, Bagaima saya apa bisa gabung dan menghubungi siapa ?

    BalasHapus
  15. saya siap bergabung dengan subur jaya sebagai driver,, saya hrs menghubungi siapa dan dimana ? kapan buka poll di surabaya seperti Po Tiara Mas ? siap bersaing gak n sy siap mendukung.

    BalasHapus
  16. Siap bersaing dengan Po Tiara Mas di Jawa Timur ? aq akan dukung subur jaya. ok

    BalasHapus
  17. saya driver berpengalaman siap mendukung subur jaya di jawa timur. kapan buka poll di jawa timur ? dimana n siapa saya hrs menghubungi bila mau buka poll di jatim. KAMI SIAP MENDUKUNG BERSAING dengan PO Tiara Mas

    BalasHapus
  18. Dimas Alhamda Kurniawan26 Mei 2012 pukul 06.30

    apakah boleh aq copas n aq posting di fans group subur jaya mania di FB ,, sumberx tetap saya cantumkan ,, gmn Om??

    BalasHapus
  19. Dimas Alahamda Kurniawan30 Mei 2012 pukul 17.10

    saya mnta ijin copas artikelx boleh gag yah?? maw aq cantumkan artikelx di fans group Fb Subur Jaya ,,, dan pastix saya akan tulis sumberx dgn jelas,, mohon konfirmasinya,,,
    kami dr komunitas penggemar bus subur jaya,,,,

    BalasHapus
  20. Silahkan saja, Mas. Saya turut senang, andai tulisan/ blog saya ini membawa manfaat bagi yang lain, khususnya sesama penggemar bus. :)

    BalasHapus
  21. mas minta no.hpnya driver (mas.Bayu) brp?

    BalasHapus
  22. Salam kenal, Mas.
    Mas Bayu siapa ya? Driver PO apa?

    Maaf kalau tidak bisa membantu.

    BalasHapus
  23. Thanks for finally writing about >BMC Jelajah Bumi Rembang (2); Geliat
    PO-PO Kota Garam | Tajuk Kerinduan <Loved it!

    BalasHapus