Kamis, 09 Juli 2009

Special One dari Laksana

Tahukah BMCers, ternyata karoseri Laksana pernah mengkreasi satu model spesial, unique dan ekslusif.  Model ini muncul saat tren karoseri tanah air condong ke gaya minimizing over elegance. Pasti bismania tidak asing dan sangatlah familiar dengan aliran kontemporer ini. Berbasis model setra dengan aksen minimalis, yang diperkenalkan pertama kali oleh Adi Putro ber-brandname Sprinter, selanjutnya disusul Tri Sakti, mengusung tag Marcopolo. Laksana sendiri menyebut produk massalnya ini dengan penamaan seperti Adi Putro, Sprinter.


Efi


 Marcopolo-TS


Konon kabarnya, Laksana membuatnya dengan status limited edition, bahkan diklaim satu-satunya unit yang dirilis di pasar. Boleh disamakan dengan kendaraan milik Sultan Hassnanah Bolkiah, Ferrari seri FX. Mobil wah yang mengadopsi  teknologi mesin Flat 12 dari Ferarri Testarossa dan transmisi 7-speed sequential dari Williams BMW Formula 1 team. Sultan Brunei merupakan satu-satunya pemangku mobil hi-tech ini.


 


Mengapa dinilai istimewa dan dianggap “masterpiece”nya Laksana?


 


Kalau diamati secara detail, produk Laksana era pertengahan 2000-an ini, untuk sektor muka, lekuk buritan, sentuhan eksterior samping dan kelengkapan interior sebenarnya tidak jauh berbeda dengan model Sprinter. Namun, yang membuat model dengan ciri khas ornamen curve untuk mempermanis titik pertemuan kaca samping dan kaca pintu depan  ini bernilai tinggi ini adalah soal penamaan produk. Karoseri yang berhome base di Ungaran ini melekatkan nama Columbus untuk mecitrakan model special one kebanggaannya.


SSM 213


 Nah, yang menjadi pertanyaan, apakah Columbus ini adalah Royal Coach SE-nya Laksana Sprinter? Dan mengapa pihak Laksana mempercayakaan special one yang diambil dari nama tokoh penjelajah dunia penemu benua Amerika, Columbus, untuk dibajukan pada armada Sindoro Satria Mas berkode lambung 213 ini?  Bukan PO Sumber Alam atau PO Raya yang dikenal loyalis dan addict to Laksana? :)

1 komentar:

  1. berarti nama colombus itu cuma nama.gak ada bedanya

    BalasHapus