Kamis, 26 Februari 2009

Negeri Kerajaan PO

Tertulis dalam kitab RAMAYANA karangan Mpu SANJAYA terbitan tahun WOLU PATMO (845), alkisah terdapat kerajaan KRAMAT DJATI yang MEGAH dan JAYA, terletak di lembah PARAHYANGAN di lereng bukit SINDORO SATRIA MAS. Negeri PERTIWI yang  kaya SUMBER ALAM, MAJU MAKMUR, AKAS, SANTOSO serta SUBUR JAYA, dalam tlatah BUMI NUSANTARA, INDONESIA. Diperintah raja AGUNG dan SABAR SUBUR namun sejatinya SUMEH, bernama EZRI HARYANTO, seorang PRIBUMI RAYA dengan garwa (istri) pendamping, PUTRI LURAGUNG ASLI, yakni ZENA SHANTIKA.


 


Permaisuri mendapat gelar sang HARUM PUSPA JAYA, karena kegemarannya akan KEMBANG.  Flora hias kesayangannya pun beragam, semacam ROSALIA INDAH, ANGGREK CEMPAKA, MUSTIKA LILY, CENDANA, SERUNI, MAWAR dan DAHLIA INDAH. Sedangkan raja sendiri penyuka ANEKA JAYA satwa, mulai GAJAH ASRI RAYA, GARUDA MAS, CENDRAWASIH, WALET BIRU, RAJAWALI dan DALI MAS. Raja mempunyai PUSAKA ampuh berbentuk LIMAS, bernama TRI SULATAMA PUTRA NUSA. Raja sendiri menyebutnya TRI SAKTI TRI MULIA.


 


Untuk menunjukkan RASA SAYANG, raja menyematkan TIARA MAS sebagai MUSTIKA untuk sang PUTRI JAYA, dan tak lupa limpahan ARTHA JAYA dan HARTA SANJAYA. Sedang sang Permaisuri,  menghadiahkan PAHALA KENCANA berupa pesawat APOLLO dan sebuah KARYA JAYA dari designer rancang bangun kondang Mr. BAGONG SUHARNO, yakni candi BOROBUDUR buat kekasihnya.


 


Raja diANUGRAHi tiga PUTRA REMAJA calon pewaris tahta. Yang pertama adalah EKA DHARMA PUTRA, adiknya DWI JAYA SETIAWAN, dan  anak bungsu TRI KUSUMA MANDALA.  Raja memberi julukan ketiganya TRI GAYA PUTRA. Berkat RESTU MULYA, PERMATA BUNDA dan DOA IBU, mereka tumbuh menjadi TARUNA yang BUDIMAN serta PERKASA, seakan menjadi SURYA LANGIT dan DUTA KARTIKA bagi negerinya. Sifat yang diturunkan dari pendahulunya, Eyang Kakung TINGOK dan Simbah Putri MADONA.


 


Raja memiliki tiga selir untuk meLANGGENG MAJUkan kekuasaan yang dipimpinnya, masing-masing SRI LESTARI, WIDJI ITA HAFANA dan MIRA LORENA. Meski begitu, semua hidup TENTREM dan MULYO, BERSAMA sebagai FAMILY RAYA CERIA dalam TALI JAYA BERSAUDARA JAYA di lingkungan keraton BIANGLALA METROPOLITAN istana raja.


 


Tak ketinggalan, raja juga mengangkat COYO BIMO TJIPTO dan SELAMET MADU KISMO sebagai penasehat kerajaan, agar LADJU pemerintahan terus MAJU LANCAR. Dua-duanya adalah PUTRA RAFFLESIA. Raja RELA melanglang BUANA secara LANGSUNG ANTAR ARAH,  mengembara ANTAR LINTAS SUMATRA naik OMAH MLAKU, ARMADA JAYA PERKASA kerajaan, yakni kereta SENJA FURNINDO buatan karoseri LAKSANA ANDA, demi menjalin kedekataan dengan WARGA BARU. Dikunjunginya kota-kota besar, MEDAN JAYA, JAMBI TRANSPORT dan BENGKULU KITO. Dilanjutkan berSAFARI DHARMA RAYA ke pulau JAWA INDAH, berturut-turut menyinggahi daerah BANDUNG EXPRESS, TEGAL INDAH, JOGJA CEPAT, PACITAN JAYA PUTRA, MALANG INDAH serta JEMBER INDAH. Berlanjut menuju pulau BALI PERDANA, mampir di desa MALINO PUTRA, menyeberang hingga SUMBA PUTRA serta FLORES dan terakhir bertamu di negri jiran, MANILA JAYA.  Sebuah wujud sikap SEDYA MULYA seorang PATRIOT, SETIA BHAKTI kepada negara.


 


 


Meski penduduknya berBHINEKA, penuh warna PELANGI adat istiadatnya, namun dalam hidup kesehariaannya tetap berlaku SIDO RUKUN ,GEMBIRA RIA, GOTONG ROYONG JAYA dan menjunjung IKHA JAYA. Rakyatnya MAKMUR, RAHARJA, BAROKAH, SERBA MULYA, JAYA UTAMA dan penuh HARAPAN JAYA, di bawah naungan penguasa kahyangan MILA SEJAHTERA, yaitu DEWI SRI dan dewa KERUB. Tercukupinya TRI SUMBER URIP, yakni sandang, pangan dan papan adalah buktinya. SUMBER REJEKI utama penduduk negeri adalah mendulang MUTIARA INDAH MURNI di GUNUNG HARTA. Semua penduduk SETIA NEGARA dan meMUJI JAYA rajanya, yang disanjung bak PELITA INDAH di jagad RAYA.


 


Sayang, rentetan bencana alam letusan GUNUNG SEMBUNG dan banjir dahsyat KALISARI, diikuti serangan sporadis kerajaan tetangga yang sedang berSINAR JAYA, SILIWANGI ANTAR NUSA yang dikomandoi panglima perang PANGERAN BAKER SARGEDE yang bersekongkol dengan penjajah asing dari negara MENGGALA serta keMUNCULan ajaran NEW ISMO versi PUTRO WIDODO, semakin meluluhlantakkan dan selanjutnya menghapus kerajaan ini dari peta DUNIA MAS.


 

7 komentar:

  1. Edyan apik banget sejarah kerajan bis....

    BalasHapus
  2. manteb banget ni mas kerajaan po nya.....

    BalasHapus
  3. waduh banyak banget bisnya

    BalasHapus
  4. jenengan kok ngerti kabeh mas jenenge bis-bis...salut mas...

    BalasHapus
  5. lalalallalla selamat datang

    BalasHapus
  6. lililillillii...terima kasih atas sambutannya. Hehehe...

    BalasHapus
  7. isok ae....he..he..

    BalasHapus